Minggu, 04 Maret 2012

Gilas Filipina,Indonesia Ke Semifinal

Review: Gilas Filipina, Indonesia Ke Semifinal!


Bola.net - Timnas U-21 Indonesia menghadapiFilipina di Berakas Sports Complex, Bandar Seri Begawan, dengan target menang demi mengamankan satu tiket ke semifinal Hassanal Bolkiah Trophy 2012. Hasil akhir 3-0 untuk Indonesia, dan misi pun terlaksana.

Sejumlah kejadian menarik mewarnai babak pertama, dari penalti yang diulang hingga diusirnya pelatih Filipina karena masuk ke tengah lapangan untuk memprotes keputusan wasit.

Di atas lapangan yang licin, Indonesia mendominasi lini tengah dan unggul dua gol di babak pertama lewat sundulan serta eksekusi penalti Andik Vermansyah.




Gol pertama Indonesia tercipta pada menit ke-17. Berawal dari tendangan bebas jarak jauh Nurmufid Fastabiqul Khairot yang melesat kencang dengan ketinggian sedang ke arah kerumunan pemain di depan kotak penalti Filipina, bola membentur bek Filipina dan melambung melewati para pemain, lalu menuju ke depan gawang. Andik ternyata sudah menunggu di titik jatuhnya bola tanpa pengawalan. Dengan cukup ruang serta waktu, dia menyundul bola masuk ke sisi kanan gawang tanpa bisa dicegah kiper Filipina dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan Garuda Muda menghasilkan gol kedua pada menit ke-44. Wasit menilai bek Filipina menghentikan Andik secara ilegal di dalam zona terlarang. Eksekusi nomor 10 Indonesia tersebut dari titik putih sukses mengoyak sisi kiri gawang Filipina, tapi wasit memutuskannya diulang karena ada pemain yang masuk area sebelum tendangan dilakukan. Eksekusi keduanya yang lurus ke tengah kembali bersarang di gawang Filipina dan skor pun berubah, 2-0 untuk Indonesia.

Beberapa menit jelang bubaran, Indonesia mencetak gol, tapi dianulir oleh wasit karena offside. Tanpa ada yang pernah menyangka, pelatih Filipina masuk ke tengah lapangan dan memprotes wasit, tapi tidak jelas apa yang diprotesnya. Sesuai dugaan, dia pun diusir dari bench akibat tindakan tidak sportifnya itu.

Di babak kedua, Filipina turun dengan didampingi oleh sang asisten pelatih.

Indonesia unggul tiga gol sekaligus menutup laga dengan skor 3-0 pada menit ke-63 lewat sontekan Yosua Pahabol memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Andik dari dalam kotak penalti Filipina.

Tambahan tiga poin memastikan Indonesia keluar sebagai runner-up Grup A dengan poin 7, satu poin lebih banyak dari Singapura yang ditahan juara grupMyanmar tanpa gol dan berakhir di peringkat 3.

Indonesia lolos ke semifinal dan akan menantang jagoan Asia yang telah memastikan diri sebagai juara Grup B, yaitu Vietnam.

0 komentar:

Posting Komentar